Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, April 22, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Manajemen:Peranan analisis pekerjaan (job analysis) dalam upaya mengefektifkan penilaian dan evaluasi kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang

Abstract

INDONESIA:
Untuk mengetahui kinerja individu dan kinerja organisasi, maka perlu dilakukan sebuah penilaian dan evaluasi kinerja karyawan dengan membandingkan setiap kinerja aktual dari masing-masing pegawai dengan standard kinerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Analisis pekerjaan merupakan kegiatan atau proses menghimpun dan menyusun berbagai informasi yang berkenaan dengan setiap pekerjaan, tugas-tugas, jenis pekerjaan, dan tanggung jawab secara operasional untuk mewujudkan tujuan organisasi atau bisnis sebuah perusahaan. Analisis pekerjaan juga terdapat di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang, hal ini dibuktikan dengan adanya uraian pekerjaan, spesifikasi pekerjaan dan standar pekerjaan pegawai. Adapun untuk menilai kinerja karyawan terhadap organisasi, PT. PLN (Persero) mengunakan sistem atau aplikasi online SIMKP Nasional (Sistem Informasi Manajemen Kinerja Pegawai). Dari SIMKP tersebut akan dihasilkan penilaian kinerja masing-masing individu. Apabila proses penilaian dan evaluasi kinerja ini dilakukan dengan baik dan benar, maka para karyawan, penyelia-penyelia, departemen SDM dan akhirnya perusahaan akan diuntungkan dengan pemastian bahwa upaya-upaya individu memberikan konstribusi kepada fokus strategi perusahaan, sebagaimana seperti tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan jobanalysisdan bentuk penilaian sekaligus evaluasiyang digunakan oleh PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang dalam menilai kinerja karyawan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data penelitian terbagi menjadi dua macam yaitu: data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan, bahwa analisis pekerjaan yang berupa standar kinerja terbukti berperan dalam penilaian dan evaluasi kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Area Malang, hal tersebut dapat dilihat dalam proses penilaian dan evaluasi kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Area Malang yang mana dalam proses penilaian dan evaluasi kinerja PT. PLN (Persero) Area Malang mengunakan target dan pencapaian sasaran kinerja sebagai tolak ukur untuk mengukur kinerja individu dan kinerja oraganisasi.
ENGLISH:
To determine individual and organizational performance, it is necessary to do an assessment and evaluation on employees’ performance by comparing the actual performance of each employee and the company performance standards. Job analysis is an activity or process to collect and compile information related to each job, task, work, and operational responsibility. The process is to realize the goal of an organization or a company business. PT. PLN (Persero) East Java Distribution Malang also conducts job analysis; it is proven by the existence of job descriptions, specifications and standards. For assessing the employees’ performance, PT. PLN (Persero) uses the system or online application of National SIMKP (Information System of Employees’ Performance Management). SIMKP will produce performance assessment for each individual. If the process of assessment and performance evaluation is done properly, the employees, supervisors, HR department and eventually the company will benefit from the assurance that individual efforts contribute to the company's strategic focus, as the company expectation. The purpose of this study is to investigate the implementation of job analysis and the assessment and evaluation form used by PT. PLN (Persero) East Java Distribution Malang in assessing employees’ performance.
This research uses qualitative descriptive approach. The research data consists of primary data and secondary data. Data collection techniques are observation, interview and documentation.
The result indicates that the job analysis of the performance standards influences has evidently roled in the assessment and evaluation of the employees’ performance in PT. PLN (Persero) Malang. It can be seen from the process of assessing and evaluating the performance of employees of PT. PLN (Persero) Malang. It uses target and performance achievement to measure the individual and organizational performance.
BAB I
PENDAHULUAN
I.I Latar Belakang
 Keberadaan manusia sebagai SDM dalam suatu perusahaan atau organisasi sangatlah penting. SDM merupakan salah satu asset yang terbesar untuk menunjang keberlangsungan suatu usaha. Selain sebagai asset, SDM bisa digunakan untuk menciptakan efisiensi dan efektifitas perusahaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan tenaga kerja yang baik dalam menjalankan tugas dan pekerjaanya. Dalam menjalankan tugas dan pekerjaan seorang karyawan harus memiliki job description masing-masing untuk mengerjakan tugas-tugas dan pekerjaannya. Sebuah pekerjaan merupakan gambaran dari pencerminan tugas-tugas, kewajibankewajiban, serta tanggung jawab nyata dari setiap anggota karyawan terhadap pekerjaanya. Analisis pekerjaan mempelajari gambaran atau desain dari aktivitasaktivitas yang menentukan tugas-tugas, kewajiban-kewajiban, dan wujud tanggung jawab dari setiap pekerjaan yang dilakukan karyawan. Untuk menentukan hal tersebut dapat diuraikan dalam bentuk spesifikasi pekerjaan dan deskripsi pekerjaan. Analisis pekerjaan merupakan kegiatan atau proses menghimpun dan menyusun berbagai informasi yang berkenaan dengan setiap pekerjaan, tugastugas, jenis pekerjaan, dan tanggung jawab secara operasional untuk mewujudkan 2 tujuan organisasi atau bisnis sebuah perusahaan (Rivai, 2004:107). Untuk mengetahui kinerja perusahaan terhadap tenaga SDM yang ada maka perlu dilakukan suatu penilaian evaluasi kinerja karyawan dengan membandingkan setiap kinerja aktual dari masing-masing dengan standard kinerja yang ada. Faktor penyebab Job Analysis dalam upaya mengefektifkan penilaian evaluasi kinerja ini meliputi standard prestasi kerja dan kinerja aktual dari standard yang ada, yang berupa kualitas dan kuantitas pekerjaan serta motivasi karyawan dalam menangani dan menjalankan tugas atau pekerjaan. Pada tingkat lanjut, analisis pekerjaan dapat diaplikasikan sebagai alat untuk perencanaan pada tingkat manajerial, professional, dan teknikal. Dalam hal itu analisis pekerjaan dapat dijadikan studi sistematis untuk memberikan solusi permasalahan dan melakukan koreksi serta kontrol pengendali.
Dalam International Journal of Human Resource Management ISSN 0958-5192 print/ISSN 1466-4399 online © 2004 Taylor & Francis Ltd menyebutkan bahwa: “practice of proactive job analysis was strongly related to organizational performance. This relationship was strongest to the extent that companies maintained HR information systems, accorded HR greater involvement in strategic planning and emphasized competency-based characteristics of employees in the job analysis approaches they used. The findings suggest that a company-wide policy of job analysis is an important source of competitive advantage in its own right, and merits due attention of HR professionals, line managers and top management”. 3 Terdapat kontradiksi antara kenyataan dan teori, yang menyebutkan bahwa seseorang akan bekerja pada tingkat keterampilan dan kemampuan yang ia miliki. Untuk mencapai tujaun perusahaan maka seluruh pegawai PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang dituntut untuk mempunyai kompetensi dan kinerja yang baik, namun demikian dari beberapa nilai kinerja individu (NKI) dan nilai kinerja organisasi (NKO) terkadang terjadi ketidakselarasan, sehingga harus dialakukan kalibrasi terhadap hasil penilaian kinerja individu. Sedangkan untuk proses kalibrasi ini akan banyak menimbulkan rasa ketidakpuasaan tehadap pegawai sehingga akan menurunkan kinerja individu pegawai. Hal tersebut jangan sampai terjadi secara berlarut-belarut dan harus ada sebuah solusi untuk memecahkannya. Untuk meminimalisir hal tersebut sebuah teori menerangkan bahwasanya penilaian kinerja sebuah pegawai dapat dilakukan dengan meninjau ulang dan mengevaluasi prestasi kerja sesorang secara periodik (Panggabean 2004:66). Jadi salah satu langkah yang dapat digunakan manajer dan departement SDM untuk mencapai tujuan visi dan misi perusahaan adalah dengan menggunakan sistem penilaian dan evaluasi kinerja karyawan yang dilakukan secara berkesinambungan guna untuk mengetahui keahlian dan kemampuan karyawan dalam menangani dan melaksanakan pekerjannya.
Dengan keadaan demikian maka diharapkan nilai kinerja individu dan nilai kinerja organisasi akan berjalan secara selaras. 4 Oleh karena itulah, mengapa sebuah perusahaan harus melakukan sebuah sistem penilaian dan evaluasi kinerja karyawan, karena dengan adanya konstribusi demikian maka, antara karyawan dan perusahaan akan diuntungkan dalam hal yang sama. Apabila sistem penilaian dan evaluasi kinerja ini dilakukan dengan baik dan benar, maka para karyawan, penyelia-penyelia, departemen SDM dan akhirnya perusahaan akan diuntungkan dengan pemastian bahwa upaya-upaya individu memberikan konstribusi kepada fokus strategi perusahaan, sebagaimana seperti tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Bertumpu pada latar belakang dan uraian diatas, maka akan diadakan sebuah penelitian dengan judul “PERANAN ANALISIS PEKERJAAN (JOB ANALYSIS) dalam UPAYA MENGEFEKTIFKAN PENILAIAN DAN EVALUASI KINERJA KARYAWAN” I.2 RUMUSAN MASALAH
 Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka masalah yang dirumuskan oleh peneliti adalah:
 1. Bagaimanakah pelaksanaan job analysis pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang?
2. Bagaimana sistem penilaian dan evaluasi yang dilakukan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang dalam menilai kinerja karyawan? 5 3. Apakah sistem penilaian dan evaluasi PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang sudah efektif dalam menilai kinerja karyawan?
I.3 TUJUAN dan KEGUNAAN PENELITIAN
 I.3.I Tujuan Penelitian Sesuai dengan rumusan masalah sebagaimana terurai diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Untuk mendiskripsikan pelaksanaan Job Analysis pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang.
2. Untuk mendiskripsikan penilaian dan evaluasi yang dilakukan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang dalam menilai kinerja karyawan.
3. Untuk mengetahui efektifitas sistem penilaian dan evaluasi PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang dalam menilai kinerja karyawan.
I.3.2 Kegunaan Penelitian
1. Bagi Peneliti Memberikan wawasan dan pengetahuan yang tidak diperoleh dari bangku perkuliahan dan menerapkan teori yang berkaitan dengan usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia yang didapat selama masa perkuliahan.
 2. Bagi Pengembang Ilmu Pengetahuan Memberikan tambahan perbendaharaan referensi lebih lanjut mengenai literatur Manajemen Sumber Daya Manusia, khususnya dalam Job Analysis (analisis pekerjaan), dan penilaian dan evalusasi kinerja karyawan.
 3. Bagi Akademisi Bagi akademisi, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi untuk peneitian selanjutnya.

4. Bagi Perusahaan Bagi perusahaan, penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan dan bahan pertimbangan dalam proses penilaian dan evaluasi kinerja karyawan.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Manajemen :Peranan analisis pekerjaan (job analysis) dalam upaya mengefektifkan penilaian dan evaluasi kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area MalangUntuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment