Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, April 19, 2017

Jasa Buat Skripsi: download Skripsi Manajemen:Analisis pengaruh pelatihan kerja terhadap produktifitas kerja karyawan bagian produksi: Studi pada PT. Smelting Gresik

Abstract

INDONESIA:
Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh pelatihan kerja terhadap produktifitas kerja karyawan bagian produksi. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk menguji dan menganalisis apakah pelatihan berpengaruh secara parsial pada produktifitas kerja karyawan di PT.Smelting Gresik 2) Untuk menguji dan menganalisis apakah pelatihan berpengaruh secara simultan terhadap produktifitas kerja karyawan di PT.Smelting Gresik. 3) Untuk menguji dan menganalisis variabel pelatihan apa yang paling berpengaruh pada produktifitas kerja karyawan di PT.Smelting Gresik
Jenis penelitian ini explanatory research, yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan secara terencana dan sistematis untuk mendapatkan jawaban terhadap hipotesis antarvariabel. Populasi dalam penelitian adalah para pegawai di kantor PT Smelting Gresik. Alat analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F dan uji t.
Terdapat pengaruh secara simultan pelatihan kerja terhadap produktifitas kerja karyawan di PT.Smelting Gresik. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode pelatihan yang ditetapkan, frekuensi pelatihan, materi pelatihan, pelatih atau instruktur yang digunakan mempengaruhi pencapaian produktivitas kerja para karyawan. Terdapat pengaruh secara parsial pelatihan kerja yang meliputi metode pelatihan, frekuensi pelatihan, materi pelatihan, pelatih/instruktur terhadap produktifitas kerja karyawan di PT.Smelting Gresik. Hasil analisis menunjukkan bahwa masing-masing variable dalam pelatihan memberikan dukungan dalam upaya untuk memaksimalkan pencapaian productivitas kerja para karyawan. Variabel pelatihan kerja yaitu metode pelatihan On The Job Training mempunyai pengaruh paling dominan terhadap produktifitas kerja karyawan PT. Smelting Gresik. Adanya pengaruh dominan tersebut menunjukkan bahwa menurut para karyawan bahwa selama ini metode pelatihan kerja yang digunakan sangat efisien dan sesuai dengan program-program yang telah ditetapkan dalam kegiatan pelatihan sehingga paling berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan.
ENGLISH:
A research has been done on the influence of job training on the employee’s work productivity in Production Division. The purposes of this study are 1) to test and analyze whether the training has a partial influence on the employee’s work productivity in PT.Smelting Gresik 2) to examine and analyze whether the training has a simultaneous effect on employee productivity in PT.Smelting Gresik. 3) To examine and analyze the most iinfluential training variables on employees’ work productivity in PT.Smelting Gresik.
The study is an explanatory research in which the research activities are systematically planned to answer the hypothesis among variables. Population in this study consisted of the employees in the office of PT Smelting Gresik. The data analysis tool were the classical assumption test and multiple linear regression analysis using the F test and t test.

Job training had a simultaneous influence on employees’ work productivity in PT. Smelting Gresik. The analysis result showed that the fixed methodology of training, the frequency of training, training materials, trainers or instructors influenced the achievement of employees’ work productivity. Job training had a partial influence including training methodology, the frequency of training, training materials, trainers/instructors on employees’ work productivity in PT.Smelting Gresik. It showed that each variable in the training supported the effort to maximize the achievement of employees’ work productivity. The variable of job training, which was on the job training methodology, had the most dominant influence on employees’ work productivity in PT. Smelting Gresik. The existence of the dominant influence showed that, according to the employees, the methodology of job training has been very efficient and suitable with the programs applied in the training so that it gave the most influence on employees’ work productivity.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pembangunan disegala bidang yang dilaksanakan secara bersama antara pemerintah dan masyarakat dewasa ini, bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup menuju tercapainya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD ‘45. Dalam mencapai tujuan tersebut, pemerintah telah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada pihak swasta, di mana pihak swasta diharapkan bisa berperan aktif dalam mengembangkan usahanya demi kelangsungan hidup perusahaan, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperluas kerja dan peningkatan produktivitas kerja. Seiring dengan berkembangnnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju maka perusahaan dituntut untuk menjadikan karyawannya lebih terampil dan terlatih dalam mengerjakan pekerjaanya oleh karena itu perusahaan berinisiatif untuk mengadakan program pelatihan bagi karyawan. Karena pelatihan membuat karyawan lebih percaya diri dalam bekerja sehingga menimbulkan rasa puas dalam bekerja dan lebih dihargai, serta mampu untuk berusaha meningkatkan produktifitas kerja karyawan bagian produksi. Pelatihan mempengaruhi produktifas secara teori dijelaskan oleh Mulia Nasution (Nasution, 1994:70). Menurutnya,”dengan adanya peningkatan keahlian, pengetahuan, dan wawasan, sikap karyawan pada tugas-tugasnya dengan pengetahuan yang didapat dalam pendidikan dan pelatihan akan merubah tingkah laku, guna mendapatkan produktifitas yang tinggi”. Maka dari itu pelatihan merupakan salah satu usaha yang penting dalam meningkatkan produktifitas karena adanya tuntutan pekerjaan yang dapat berubah akibat perubahan lingkungan kerja, strategi, dan lain sebagainya. Sehingga perusahaan akan mempunyai daya saing yang lebih kuat dalam dunia usaha. Pelatihan Kerja menurut Menurut Gomes (1997 : 197), “Pelatihan adalah setiap usaha untuk memperbaiki prestasi kerja pada suatu pekerjaan tertentu yang sedang menjadi tanggung jawabnya.
Idealnya, pelatihan harus dirancang untuk mewujudkan tujuan – tujuan organisasi, yang pada waktu bersamaan juga mewujudkan tujuan – tujuan para pekerja secara perorangan. Sedangkan menurut Gary Dessler (2006:280) “Pelatihan merupakan proses mengajar ketrampilan yang dibutuhkan karyawan untuk melakukan pekerjaanya”. Produktifitas kerja menurut J.Ravianto dalam bukunya “Produktifitas dan Manajemen”(2001:102) adalah “Produktifitas tenaga kerja sebagai suatu konsep yang menunjukkan adanya kaitan antara output(hasil kerja) dengan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk dari seorang tenaga kerja, maksudnya bahwa produktifitas seorang tenaga kerja sangat berkaitan dengan hasil kerja yang diperoleh terhadap waktu yang diperlukan untuk menghasilkannya.” PT Smelting Gresik adalah Pabrik pengolahan biji tembaga menjadi tembaga murni, dengan tingkat kemurnian sampai 99,99%. terletak di kabupaten Gresik jawa timur. proses pengolahan yag dilakukan disini adalah dengan menggunakan metode mitsubishi proses yang dikembangkan pada tahun 1970-1980 yang merupakan metode paling modern dalam pengolahan tembaga. dan hanya ada 5 pabrik di dunia ini yang menggunakan mitsubishi proses ini. dan salah satunya adalah di PT Smelting Gresik ini. Proses pengolahan di PT. Smelting Gresik terdiri dari 2 proses, yaitu proses Pyrometalurgy dan Electrometalurgy. Pada proses smelter di PT Smelting, mereka menggunakan Mitshubishi proses, dimana proses ini adalah proses yang bekerja secara kontinyu. Karena proses kontinyu tersebut, semua proses berjalan secara tertutup, dan dengan begitu proses ini dapat mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan. Proses kontinyu ini memiliki 3 tahapan furnace, yaitu Smelting furnace lalu berlanjut ke Slag Cleaning furnace dan terakhir baru ke converting furnace. Ketiganya dihubungkan oleh launder yang tertutup yang akan dilewati oleh molten material yang ditransfer dari satu furnace ke furnace selanjutnya dengan memanfaatkan gravitasi. Sumber:
http://identitasdanstatus.wordpress.com/2011/12/06/pt-smelting-gresik/ Dengan melihat berbagai macam proses produksi yang cukup rumit tersebut, sudah pasti perusahaan ini menggunakan berbagai macam alat berteknologi tinggi. Dibutuhkan tenaga kerja yang benar-benar terampil dan terlatih dalam mengoprasikannya guna mencapai produktifitas yang tinggi. Untuk itu PT.Smelting mewajibkan bagi karyawan baru mengikuti pelatihan kerja. Dan bagi karyawan lama, pelaksanaan pelatihan kerja tergantung kebijakan masing – masing departemen namun biasanya pelatihan diadakan 1 tahun sekali. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk mengangkat judul “ANALISIS PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT.SMELTING GRESIK”
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas maka penulis memberikan perumusan masalah sebagai berikut :
 1. Apakah pelatihan kerja berpengaruh secara simultan terhadap produktifitas kerja karyawan di PT.Smelting Gresik
 2. Apakah pelatihan kerja berpengaruh secara parsial terhadap produktifitas kerja karyawan di PT.Smelting Gresik
 3. Variabel manakah yang paling dominan yang mempengaruhi produktifitas kerja karyawan di PT.Smelting Gresik
1.3 Pembatasan Masalah
 Agar pembahasan lebih terfokus pada topik pembahasan, maka perlu adanya batasan masalah. Adapun masalah dibatasi pada hal yang berkaitan dengan manajemen personalia khususnya mengenai pelaksanaan pelatihan bagi karyawan bagian produksi dengan menggunakan metode pelatihan On The Job Training. Karena dalam proses produksinya, perusahaan ini menggunakan berbagai macam peralatan berteknologi canggih.
 1.4 Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.4.1. Tujuan Penelitian
1. Untuk menguji dan menganalisis apakah pelatihan berpengaruh secara parsial pada produktifitas kerja karyawan di PT.Smelting Gresik 2. Untuk menguji dan menganalisis apakah pelatihan berpengaruh secara simultan terhadap produktifitas kerja karyawan di PT.Smelting Gresik
3. Untuk menguji dan menganalisis variabel pelatihan apa yang paling berpengaruh pada produktifitas kerja karyawan di PT.Smelting Gresik
1.4.2. Kegunaan Penelitian
1. Bagi perusahaan Hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai masukan yang dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan bagi pihak manajemen perusahaan bagian personalia. 2. Bagi penulis Sebagai sarana aplikasi pembanding pemahaman teori yang ada dalam perkuliahan dengan kenyataan praktek, serta untuk bahan pengembangan pengetahuan pada masamasa selanjutnya. 3. Bagi pihak lain Sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya dalam topik yang sama.
Untuk Mendownload Skripsi "Skripsi Manajemen :Analisis pengaruh pelatihan kerja terhadap produktifitas kerja karyawan bagian produksi: Studi pada PT. Smelting GresikUntuk Mendownload skripsi ini silakan klik link dibawah ini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment