Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Wednesday, March 8, 2017

Download Skripsi Akutansi: Analisis Akuntansi Sebagai Dasar Perhitungan Zakat Perusahaan Pada PT. BPR Syariah Puduarta Insani

Abstrak:
Salah satu Prinsip Perusahaan yang mengkIaim dirinya sebagai perusahaan yang berlandaskan pada aturan-aturan ekonomi Islam adalah adanya pembayaran zakat dari basil usahanya. Zakat adalah salah satu kewajiban seorang muslim yang memiliki harta yang telah memenuhi syarat. Pada masa Nabi Muhammad SAW, tidak dikenal adanya zakat perusahaan, yang ada hanyalah zakat perdagangan. Oleh karena itu tidak ada ayat-ayat Al-Qur'an dan hadist yang menjelaskan mengenai zakat perusahaan baik untuk menentukan objek dan tarif zakat. Tetapi para ulama sepakat mengkiaskan zakat perdagangan sama dengan zakat perusabaan sehingga objek, tarif dan ketentuan-ketentuan lainnya bisa ditentukan. Penelitian ini membahas mengenai prinsip akuntansi yang seharusnya digunakan untuk tujuan pembayaran zakat. Karena akuntansi yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan adalah akuntansi konvensional yang memiliki perbedaan dengan akuntansi untuk tujuan perhitungan zakat. Pada penelitian ini juga dibahas mengenai metode perhitungan zakat perusahaan. Belum ada satu ketentuan dan kesepakatan bagaimana seharusnya zakat dihitung. Para ulama dan ahli fiqih memberikan metode perhitungan zakat yang berbeda-beda sesuai dengan penafsiran dan pendapatnya masing-masing. Analisa data yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi yang digunakan oleb PT BPR Syariah Puduarta insani sehubungan dengan perhitungan zakat yang dibayarkan. Serta untuk mengetahui bagaimana metode atau rumus perhitungan zakat yang digunakan oleh perusahaan. Adapun kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa akuntansi yang diterapkan untuk tujuan perbitungan zakat dan metode perhitungan zakat yang dilakukan oleh PT BPR Syariah Puduarta Insani belum sepenuhnya sesuai dengan teori zakat. Dimana untuk tujuan zakat, penilaian harta menggunakan nilai sekarang (cun-ent value) atau cash equivalent value. Tetapi hanya sebagian dari harta objek zakat perusahaan yang dinilai dengan current valuelcash equivalent value. Objek zakat tidak hanya dari laba seperti yang dilakukan perusahaan, tetapi barta perusahaan juga termasuk dalam objek zakat Laba hanyalah sebagian dari harta. Sehingga nilai zakat yang dibayarkan perusahaan belum sepenuhnya sesuai dengan teori zakat, AI-Qur'an dan Hadist.

Untuk mendownload skripsi "Analisis Akuntansi Sebagai Dasar Perhitungan Zakat Perusahaan Pada PT. BPR Syariah Puduarta Insani" silahkan klik link dibawah ini:
Download

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment