Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, March 7, 2017

Download skripsi akuntansi: Evaluasi Terhadap Pengawasan Piutang pada PT. (Persero) Angkasa Pura II Cabang Bandar Udara Polonia Medan

ABSTRAK

Tujuan penulis mengadakan penelitian adalah : 1. Untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai pengawasan piutang pada perusahaan, dengan melihat apa yang terjadi dalam praktik dan membandingkannya dengan teori-teori yang telah dipelajari selama perkuliahan maupun dari sumber-sumber yang lain; 2. Untuk mengetahui bagaimana pengawasan piutang yang diterapkan perusahaan untuk mengawasi piutang yang tidak tertagih. Dalam menganalisa data dan keterangan yang diperlukan untuk penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu suatu metode analisis dimana data dikumpulkan, disusun, diinterpretasikan, dianalisis sehingga memberikan keterangan yang lengkap bagi pemecahan masalah yang dihadapi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap perusahaan, penulis dapat menyimpulkan bahwa pengawasan piutang yang dilakukan perusahaan sudah dijalankan dengan baik. Pada perusahaan telah dilakukan pemisahan fungsi dan tugas di antara bagian-bagian yang terlibat dalam piutang. Untuk mengurangi resiko piutang yang tak tertagih, perusahaan menetapkan kebijakan dalam penjualan kredit sebagai berikut: 1. Sebelum memberikan kredit, perusahaan terlebih dahulu melakukan analisa terhadap calon pelanggan; 2. Perusahaan menetapkan periode kredit 14 hari; 3. Perusahaan memberikan diskon 2% kepada pelanggan yang menggunakan jasa sewa ruang; 4. Dalam kebijaksanaan penagihan, setiap keterlambatan atas pembayaran dikenakan denda sebesar 1,5% per bulan untuk tagihan dalam mata uang rupiah dan 1%per bulan untuk tagihan dalam mata uang dolar; 5. Apabila lewat dari batas waktu yang telah ditentukan debitur be1um juga melakukan pembayaran, maka debitur akan diberikan Surat Panggilan 1 s/d III. Adapun kendala yang dihadapi perusahaan yaitu sistem informasi akuntansi yang dimiliki perusahaan masih kurang memadai sehingga sering terjadi keterlambatan dalam pencatatan penerimaan piutang yang berasal dari pembayaran melalui transfer bank. Pelanggan yang berasal dari maskapai penerbangan asing seringkali tidak mencantumkan nama perusahaan dan nomor fakturnya dengan jelas ketika membayar tagihannya sehingga perusahaan mengalami kesulitan dalam me1akukan pernbukuan atas pembayaran tersebut dan karena itu akun piutang masih tetap terbuka. Berdasarkan kesimpulan di atas penulis mencoba memberikan saran yang mungkin berguna bagi perusahaan, yaitu bagian keuangan atau yang menerima setoran dari bank harus lebih aktif melakukan konfirmasi kepada debitur yang melakukan pembayaran melalui transfer bank. Jika diperlukan, perusahaan dapat membentuk bagian khusus yang diberi wewenang dalam hal konfirmasi piutang yang pembayarannya melalui transfer antar bank.

Untuk mendownload skripsi “Evaluasi Terhadap Pengawasan Piutang pada PT. (Persero) Angkasa Pura II Cabang Bandar Udara Polonia Medan “ silahkan klik link di bawah ini:


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment