Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, May 12, 2012

Tes Kemampuan Membaca


            Untuk dapat memahami tes kemampuan membaca, terlebih dahulu perlu dipertegas  konsep  membaca. Membaca merupakan proses pengolahan bacaan secara kritis - kreatif  dengan tujuan memperolah pemahaman secara menyeluruh tentang suatu bacaan. Kegiatan  membaca merupakan aktivitas mental memahami apa yang disampaikan penulis melalui bacaan  (Harris, 1969). Pemahaman terhadap suatu bacaan melibatkan aspek: pemahaman bahasa dan  lambang tertulis, gagasan, serta nada dan gaya. 
            Nuttal (1982) mengartikan membaca sebagai upaya menggali informasi dari berbagai jenis  teks, sesuai dengan tujuan membaca. Untuk memperoleh informasi, pembaca akan menggunakan  strategi - strategi tertentu, yang berupa keterampilan mengani teks itu sendiri. Keterampilan  menangani kata yang dimaksud adalah keterampilan memanfaatkan konteks, mulai dari berbagai  pemarkah morfologis, lingkungan kata yang lazim disebut konteks, sampai dengan  memanfaatkan konteks luar bahasa untuk memahami makna dan nilai yang terdapat dalam teks. 

            Dari pemahaman di atas dapat dinyatakan bahwa membaca dapat merupakan proses  pengolahan bacaan atau teks untuk menggali informasi yang terdapat dalam teks. Kegiatan  membaca melibatkan komponen kebahasaan, gagasan, dan komponen konteks yang berada di  luar komponen kebahasaan.  Pemahaman terhadap suatu bacaan melibatkan aspek; pemahaman bahasa dan lambang  tertulis, gagasan, serta nada dan gaya. Pemahaman bahasa dan lambang tertulis meliputi  pemahaman: 
1) kata - kata yang dipakai dalam bacaan;
2) istilah atau kata yang dipakai untuk makna tertentu yang terdapat dalam bacaan;
3) pola - pola kalimat dan bentuk- bentuk kata yang dipakai dalam bacaan;
4) mengikuti bagian - bagian yang makin panjang dan sulit yang terdapat dalam bacaan;
5) menafsirkan dengan tepat lambang/tanda baca yang digunakan dalam bacaan.
Pemahaman gagasan meliputi pemahaman:
1) maksud dan gagasan pokok;
2) gagasan pendukung;
3) hubungan antar gagasan pendukung;
4) menarik kesimpulan dan penalaran dengan tepat.
Pemahaman nada dan gaya meliputi kemampuan:
1) mengenal sikap pengarang terhadap masalah yang dikemukakan serta sikap pengarang terhadap pembaca;
2) memahami nada tulisan atau bacaan;
3) mengenal macam - macam teknik dan gaya penulisan.
            Berdasarkan konsep membaca di atas dapatlah dipaparkan maksud dari tes kemampuan  membaca. Tes kemampuan membaca dapat diartikan sebagai alat untuk mengukur kemampuan  testi dalam menggali informasi yang terdapat dalam teks. Yang di dalamnya melibatkan aspek;  pemahaman bahasa dan lambang tertulis, gagasan, serta nada dan gaya penulisan dengan  melibatkan kemampuannya yang berkenan dengan komponen kebahasaan (konteks) maupun  komponen non kebahasaan (konteks).  



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment