Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, May 12, 2012

Pengembangan Model Penilaian Kinerja Dosen Tetap Yayasan


ABSTRAK
Pengembangan Model Penilaian Kinerja Dosen Tetap Yayasan
(Studi Deskriptif Analitik pada STKIP Bale Bandung Tahun 2003/2004)

            Masalah yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu sistem penilaian kinerja dosen tetap yayasan yang meliputi : tujuan penilaian, aspek yang dinilai, alat yang dipakai, cara menilai, penilai, waktu penilaian, manfaat hasil penilaian, dan model yang akan dikembangkan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan kredibilitas penelitian dilakukan dengan : (a) triangulasi (b) Peer debriefing (c) penggunaan bahan referensi (d) mengadakan member chek.
            Lokasi penelitian di STKIP Bale Bandung. Data diperoleh dari Ketua, Pembantu Ketua, Ketua Program Studi, Dosen Tetap Yayasan dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Penilaian kinerja dosen bertujuan untuk mengetahui hasil kerja dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Aspek-aspek yang dinilai: aspek pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

            Alat yang digunakan baru menggunakan angket mahasiswa. Cara menilai/proses penilaian dilakukan dengan persiapan teknis, pembagian tugas dan penyusunan naskah penilaian kinerja dosen, pelaksanaan penilaian, pengolahan dan analisis data dan penetapan keputusan. Penilai kinerja dosen adalah atasan langsung, rekan sejawat dan mahasiswa. Waktu Penilaian secara periodik dilakukan dua tahun sekali, namun apabila ada permintaan untuk suatu maksud tertentu dilakukan penilaian insidental.
            Hasil penilaian kinerja dosen dipergunakan untuk pemberian kompensasi, umpan balik kinerja, pelatihan, promosi, perencanaan sumber daya manusia, retensi/pemberhentian, dan penelitian. Implementasinya pengembangan ini belum direalisasikan secara penuh. Berdasarkan hasil penelitian di atas direkomendasikan bahwa penilaian harus diarahkan sebagai upaya evaluasi kinerja juga untuk pengembangan dosen. Penilaian kinerja dosen sangat bermanfaat bagi pengembangan institusi dan reputasi perguruan tinggi, sehingga perlu mendapat pembinaan yang continue. Diperlukan sebuah model yang komprehensif dan terintegrasi dengan sistem informasi kepegawaian. Disamping itu perlu adanya pelatihan penilaian kinerja dosen yang terkoordinir dan terpadu untuk memperoleh kemampuan standar penilaian yang efektif dalam program penilaian kinerja dosen beserta pengembangannya.  

DOWNLOAD



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment