Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, May 12, 2012

Penilaian Pembelajaran Membaca Di Sd


            Membaca merupakan proses pengolahan informasi secara kreatif untuk memahami  suatu bacaan. Untuk memperolah suatu informasi tersebut pembaca harus  menggunakan strategi tertentu berupa keterampilan menangani teks bacaan.  Untuk memahami teks kemampuan membaca, terlebih dahulu perlu memahami konsep  membaca. Kemampuan membaca dan jenis tes kemampuan membaca yang digunakan untuk  mengukur kemampuan hasil dalam menggali informasi yang terdapat dalam teks. 
            Kemampuan membaca siswa banyak dipengaruhi oleh pengalamannya membaca dan  kemampuannya menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan aspek kebahasaan. Jika siswa  diberi topik yang sudah dikenalnya, mereka akan lebih mudah dapat memahami isi bacaan. Hal  ini berarti guru harus memperhatikan kedua faktor itu ketika menyusun alat penilaian yang  digunakannya.  Aspek penting dalam penilaian membaca adalah pemahaman isi bacaan.

            Adapun alat ukur  yang paling tepat digunakan berbentuk tes. Ada dua jenis tes yang digunakan untuk menguji  kemampuan membaca siswa SD, yaitu tes pemahaman kalimat dan tes pemahaman wacana.  Bahan belajar mandiri ini membahas tentang penilaian pembelajaran membaca di sekolah  dasar yang difokuskan pada (1) tes kemampuan membaca dan (2) bahan belajar mandiri  penilaian membaca di SD.  Kelanjutannya setelah mempelajari materi yang diajukan dalam kedua kegiatan belajar itu.  Anda diharapkan dapat menggunakan model penilaian dalam pembelajaran membaca di SD.  Secara rinci setelah mempelajari kegiatan belajar, anda diharapkan dapat : 
1. Menyebutkan aspek - aspek pemahaman bacaan.
2. Menyebutkan macam - macam tes kemampuan membaca.
3. Menyebutkan bahan tes kemampuan membaca.
Dan kegiatan belajar, anda diharapkan dapat :
1. Menentukan teknik penilaian membaca.
2. Menggunakan model penilaian membaca di SD.
            Setelah tujuan - tujuan di atas serta konsep uraian dan contoh - contoh yang disajikan dalam  bahan belajar mandiri ini anda pahami benar, kerjakan dengan sungguh - sungguh latihan dan  formatif yang terdapat pada akhir stiap kegiatan belajar. Gunakan rambu - rambu jawaban latihan  dan kunci jawaban tes formatif.  Patuhilah dengan baik petunjuk latihan dan tes formatif jika anda menemukan kesalahan  kata atau istilah yang belum anda pahami makanya gunakan kamus atau anda dapat  menggunakan glosarium yang tersedia pada bagian akhir bahan belajar mandiri ini.   
Download Isi Lengkap  dari Makalah Ini :  
  


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment