Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, May 17, 2012

Pemahaman & Definisi Tata Kelola bagi Lembaga Usaha Non For Profit


a.      Definisi Tata Kelola

Istilah Tata Kelola atau Tata Pemerintahan Perusahaan di Indonesia merupakan terjemahan dari “Corporate Governance”. Secara etimologis kata “Governance” berasal dari bahasa Perancis kuno “Gouvernance” yang berarti pengendalian (control) atau regulated dan dapat dikatakan merupakan suatu keadaan yang berada dalam kondisi terkendali (the state of being governed). Sering kali metafora yang digunakan untuk menggambarkan esensi dari pengertian ini adalah mengendalikan dan menahkodai sebuah kapal (the idea of steering or captaining a ship) (Farrar, 2001). Secara harfiah Governance di tanah air kerap diterjemahkan sebagai “pengaturan”, akan tetapi sebenarnya masih diperlukan kajian untuk mencari istilah yang tepat dalam bahasa Indonesia yang benar.
Perlu juga dipahami bahwa menurut Winarno (2000) Governance tidak bisa atau tidak tepat diterjemahkan sebagai pemerintah, sekalipun banyak pihak yang mengartikan demikian. Dalam konteks Tata Kelola yang baik (Good Corporate Governance) sering juga disebut Tata Pamong atau Penadbiran. Kata terakhir tadi ditelinga terasa terdengar janggal, maklum istilah tersebut berasal dari kata Melayu. Sedangkan untuk istilah ”Corporate” jikalau dilihat dari segi etimologis merupakan turunan dari bahasa latin Corpus yang berarti sekumpulan peraturan dan undang-undang. ”Erate” yang berarti sesuatu yang dihargai atau dipatuhi. Menurut The Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) Tata Kelola (Corporate Governance) didefinisikan sebagai berikut:

“Corporate Governance is the system by which business corporations are directed and controlled. The corporate Governance structure specifies the distribution of rights and responsibilities among different participants in the corporation, such as the board, the managers, shareholder and other stakeholders, and spells out the rules and procedure for making decisions and corporate affairs. By doing this, it also provides the structure through which the company objectives are sets and the means of attaining those objectives and monitoring performance” Sesuai dengan definisi di atas Tata
Kelola adalah sistem yang dipergunakan untuk mengarahkan dan mengendalikan kegiatan bisnis perusahaan. Tata Kelola mengatur pembagian tugas, hak dan kewajiban mereka terhadap kehidupan perusahaan, termasuk para pemegang saham, Dewan Pengurus, para manajer dan semua anggota stakeholders nonpemegang saham. Tata Kelola juga mengetengahkan ketentuan dan prosedur yang harus diperhatikan oleh Dewan Pengurus-Board of
Directors dan direksi dalam pengambilan keputusan yang bersangkutan dengan kehidupan perusahaan. Pembagian tugas, hak dan kewajiban juga berfungsi sebagai pedoman mengevaluasi kinerja Board of Directors dan manajemen perusahaan.
Download Isi Lengkap  dari ebook Ini :  
 



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment