Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, May 12, 2012

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kemampuan Profesional Guru terhadap Mutu Hasil Belajar


ABSTRAK
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kemampuan Profesional Guru terhadap Mutu Hasil Belajar
(Studi pada Taman Kanak-Kanak di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut)
            Mutu hasil belajar sangat tergantung pada mutu proses, dimana peran dan tugas kepala sekolahsangat menentukan keberhasilannya. Perbedaan implementasi setiap perncanaan tergantung dari cara pandang seseorang dalam merealisasikan rencana dalam bentuk yang nyata (pelaksanaan) disamping pula banyak factor lain yang mempengaruhinya.dan kesalahan intepretasi pemimpin terhadap perencanaan mutu hasil pendidikan serta kemampuan professional guru dalam mengelola kelas di TK akan berakibat fatal untuk perkembangan kemampuan anak pada tahap selanjunya, sehingga berdasarkan latar belakang diatas, permasalahan yang dipertanyakan : 1) Apakah terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kemampuan profesional guru?.2) Apakah terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan mutu hasil belajar?. 3) Apakah terdapat hubungan positif antara kemampuan professional guru dengan mutu hasil belajar ?, 4) Apakah terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan profesional guru dengan mutu hasil belajar anak?.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran empiris tentang 1) Pengaruh kepemimpinan terhadap kemampuan professional guru, 2) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu hasil belajar,3) Pengaruh kemampuan professional guru terhadap hasil belajar,4) Pengaruh keduanya terhadap hasil belajar pada TK di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.
            Penelitian ini menggunakan metode deskriftif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah kepala sekolah sebanyak 50 orang dan guru-guru Taman kanak-kanak sebanyak 100 orang se Kabupaten Garut sebagai data skunder, dan orang tua murid taman kanak-kanak sebanyak 150 orang se Kabupaten Garut sebagai data primer. Alat yang digunakan adalah kuestioner (angket) dan penelaahan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS versi 10.
            Berdasarkan analisis data diperoleh gambaran bahwa hubungan antara kepala sekolah dan kemampuan professional guru terhadap mutu hasil belajar anak tergolong tinggi yaitu 0,8361. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan professional guru sangat signifikan mempengaruhi terhadap mutu hasil belajar anak. Rekomendasi yang diajukan adalah dalam rangka memperkecil perbedaan kemampuan guru dengan mengadakan pelatihan bagi guru ada dan melakukan rekruitmen yang tepat jika ada pengangkatan lagi yang disesuaikan dengan SPM, yang kedua adalah sarana dan prasarana yang sebagian besar tidak memenuhi SPM, sehingga diusulkan untuk mengajukan bantuan pada pemerintah maupun pada swasta, kreativitas guru untuk menciptakan alat permainan edukatif, mengadakan kerjasama dengan Tk lain juga mengumpulkan mainan yang sudah tidak terpakai dari orang tua murid dan masyarakat.

DOWNLOAD



Artikel Terkait: