There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, May 10, 2012

Ilmu Semantik : Tipe Makna


Tipe adalah pengelompokan sesuatu berdasarkan kesamaan objek, kesamaan ciri  atau sifat yang dimiliki benda, hal, peristiwa atau aktivitas lainnya (Djajasudarma,  1999:17). Tipe-tipe makna dalam kajian ilmu makna pernah diungkapkan Leech (1974),  yang membagi tipe makna ke dalam tiga bagian besar. Pertama, makna konseptual, yaitu  makna yang bersifat logis, kognitif, atau denotative.
            Dua, makna asosiatif, makna asosiatif  dibagi lagi menjadi lima makna yaitu: (1) makna konotatif, yakni makna yang muncul  dibalik makna kognitif; (2) makna stilistika, yakni makna yang melibatkan situasi sosial; (3)  makna afektif yakni makna yang melibatkan perasaan dan sikap pembicara atau penulis;  (4) makna refleksif yakni makna yang dihubungkan dengan makna asosiasi lainnya; dan  (5) makna kolokatif (sanding kata) yakni makna yang muncul akibat kata-kata tertentu  memiliki pasangan (sanding). Dan tiga, makna tematis. 
            Kridalaksana (1993: 132-133) dalam Kamus Linguistik, memberikan beberapa  pengertian tipe makna secara umum, sebagai berikut. 
makna denotatif (denotative meaning)
Makna kata atau kelompok kata yang didasarkan atas penunjukan yang lugas pada sesuatu di luar bahasa atau yang didasarkan atas konvensi tertentu; sifatnya objektif.

makna ekstensi (extensional meaning)
Makna yang mencakup semua ciri-ciri objek atau konsep.
Download Isi Lengkap  dari Makalah Ini :  
 




Artikel Terkait:

1 comment:

Anonymous said...

Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point.
You clearly know what youre talking about, why
waste your intelligence on just posting videos to your blog when you could be giving us something enlightening to read?


Also visit my web blog :: quest bars free sample

Post a Comment