Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, May 14, 2012

Skripsi Tesis Pendidikan Matematika : Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smu Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended


Skripsi Tesis Pendidikan Matematika :
 Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smu Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended


ABSTRAK
            Salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai oleh siswa adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis terdiri dari dua komponen yaitu keterampilan kognitif dan disposisi berpikir kritis. Keterampilan kognitif merupakan aspek-aspek intelektual dalam berpikir kritis. Sedangkan disposisi berpikir kritis merupakan kecenderungan untuk berpikir kritis. Kedua komponen itu saling mempengaruhi. Saat ini pembelajaran matematika di sekolah kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa secara optimal.
            Pengembangan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan melalui pendekatan open-ended. Pendekatan openended dapat memberikan keleluasaan berpikir yang mendukung pada berkembangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Pengembangan kemampuan berpikir kritis harus memperhatikan kedua komponen penyusunnya.

            Penelitian yang dilakukan berupa penelitian eksperimen. Populasi penelitiannya adalah siswa SMU dengan mengambil sampel siswa Kelas I SMU Negeri 6 Bandung. Instrumen yang dipakai adalah tes keterampilan kognitif dan skala disposisi. Tes keterampilan kognitif digunakan untuk mengumpulkan data tentang keterampilan kognitif siswa sementara skala disposisi untuk mengumpulkan data tentang disposisi berpikir kritis siswa.
            Hasil uji coba menunjukkan bahwa validitas dan reliabilitas tes tergolong tinggi. Tingkat kesukaran butir soal tes berada pada kategori sedang dan sukar sedangkan daya pembedanya berada pada kategori baik dan cukup. Validitas skala disposisi tergolong sedang dan reliabilitasnya tergolong tinggi. Daya pembeda pernyataan skala disposisi seluruhnya signifikan. Disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan openended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMU. Namun, tidak semua komponen kemampuan berpikir kritis siswa meningkat; yang mengalami peningkatan hanya keterampilan kognitif. Diketahui bahwa peningkatan keterampilan kognitif antara siswa kemampuan pandai, sedang dan kurang tidak berbeda secara signifikan.

DOWNLOAD




Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment