Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, May 11, 2012

Proses Membaca


            Bagian ini akan membahas membaca tentang proses membaca, mulai dari pengertian membaca, alasan orang membaca, dan kegiatan-kegiatan praktis agar orang bisa membaca text bacaan dengan mudah. Jika pada membaca permulaan, siswa lebih diarahkan pada kelancaran membaca pada membaca lanjut, siswa selain diarahkan pada kelancaran membaca, juga diarahkan pada pemahaman text. Dengan demikian pembelajaran membaca lanjut sangat penting bagi siswa agar siswa dapat memahami berbagai text dalam berbagai mata pelajaran pada khususnya, dan dalam mehami ilmu pengetahuan pada umumnya.
1.      Definisi Membaca
            Berbagai penafsiran terhadap istilah membaca. Sebagai langkah awal sebaiknya kita samakan persepsi kita. Buatlah definisi mneurut pendapat anda. Penafsiran istilah membaca dapat dikelompokan seperti dibawah ini :
a. Mengerti, interprestasi, makna, nilai rasa
b. Decode, identifikasi, menguraikan
c. Artikulasi, berbicara, mengucapkan.
            Jika Anda menafsirkan (b) berarti Anda ingin mengemukakan hal yang terpenting dalam membaca yakni jika kita tidak tahu arti kata dengan benar kita tidak dapat memahami bacaan. Jika anda menafsirkan (c) berarti Anda ingin menggambarkan pengalaman bahwa pengajaran membaca digunakan kesempatan untuk mengajarkan lafal dan berbicara. Ini mungkin perlu bagi pemula dan guru tingkat awal. Sebelum membahas kelompok (a) akan sangat membantu jika dibuat daftar bacaan yang pernah anda baca, dan apa yang membuat anda tertarik.

 2. Alasan Membaca
2.1. Membaca dengan cara yang berbeda dengan tujuan yang berbeda
            Baca kembali daftar bacaan yang sudah dibuat! Mengapa teman anda membacanya ? Bandingkan dengan daftar teman anda. Anda akan menemukan alasan yang berbeda. Alasanalasan kita untuk membaca akan mempengaruhi cara membaca kita. Membaca buku telepon akan berbeda dengan membaca buku dokumen. Tujuan membaca seseorang tidak akan sama dengan tujuan orang lain dalam kegiatan membaca, karena jenis buku bacaan yang dibaca orang berbeda.
2.2. Alasan Autentik Membaca
            Kembali ke daftar bacaan yang kita buat. Kita membaca karena ingin mendapatkan sesuatu (fakta, pendapat, hiburan atau bahkan perasaan) bukan sekedar karena tertarik cara pengucapannya atau tatabahasanya.
 2.3. Mengapa kita membaca bahasa asing ?
             Ini akan bermasalah jika dalam daftar yang kita buat tidak ada bacaan asing. Berarti uraian ini hanya akan kita gunakan sebagai pengayaan. Jika pembelajar tidak memerlukan bahasa asing sebagai alat komunikasi berarti bahasa asing hanya untk dipelajari. Satu-satunya alasan adalah untuk belajar membaca. Bahasa asing ini akan eksis untuk pembelajar bahasa asing sebab mereka punya alasan yang autentik untuk membaca, seperti halnya kita membaca.  
 Download Isi Lengkap  dari Makalah Ini :  
 


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment