There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, May 11, 2012

Pengertian Frasa

            Frasa juga didefinisikan sebagai satuan gramatikal yang berupa gabungan  kata yang bersifat nonprediktif, atau lazim juga disebut gabungan kata yang mengisi  salah satu fungsi sintaksis di dalam kalimat. Menurut Prof. M. Ramlan, frasa adalah  satuan gramatik yang terdiri atas satu kata atau lebih dan tidak melampaui batas  fungsi atau jabatan (Ramlan, 2001:139). Artinya sebanyak apapun kata tersebut asal  tidak melebihi jabatannya sebagai Subjek, predikat, objek, pelengkap, atau pun  keterangan, maka masih bisa disebut frasa. 
Contoh:
1. gedung sekolah itu
2. yang akan pergi
3. sedang membaca
4. sakitnya bukan main
5. besok lusa
6. di depan. 

Jika contoh itu diletakkan dalam struktur kalimat, kedudukannya tetap pada satu jabatan saja.
1. Gedung sekolah itu(S) luas(P).
2. Dia(S) yang akan pergi(P) besok(Ket).
3. Bapak(S) sedang membaca(P) koran sore(O).
4. Pukulan Budi(S) sakitnya bukan main(P).
5. Besok lusa(Ket) aku(S) kembali(P).
6. Bu guru(S) berdiri(P) di depan(Ket).


Jadi, walau terdiri atas dua kata atau lebih tetap tidak melebihi batas fungsi.  Pendapat lain mengatakan bahwa frasa adalah satuan sintaksis terkecil yang  merupakan pemadu kalimat. 

Untuk memudahkan pemahaman Anda mengenai frasa, perhatikan juga  kalimat berikut yang dicontohkan oleh Ramlan (1988). 

Dua orang mahasiswa sedang membaca buku baru di perpustakaan.



            Kalimat itu terdiri dari satu klausa, yaitu Dua orang mahasiswa sedang.  Selanjutnya, klausa terdiri dari empat unsur yang lebih rendah tatarannya, yaitu dua  orang mahasiswa, sedang membaca, buku baru, dan di perpustakaan.
             Unsur-unsur  itu ada yang terdiri dari dua kata, yakni sedang membaca, buku baru, di  perpustakaan, dan ada yang  terdiri dari tiga kata, yaitu dua orang mahasiswa. Di samping itu, masing-masing  unsur itu menduduki satu fungsi. Dua orang mahasiswa menduduki fungsi S, sedang  membaca menduduki fungsi P, buku baru menempati fungsi O, dan di perpustakaan  menempati fungsi KET. Demikianlah, unsur klausa yang terdiri dari dua kata atau  lebih yang tidak melampaui batas fungsi itu merupakan satuan gramatik yang  disebut frase. Jadi, frase ialah satuan gramatik yang terdiri dari dua kata atau lebih  yang tidak melampaui batas fungsi unsur klausa.  
Download Isi Lengkap  dari Makalah Ini :  
 




Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment