There was an error in this gadget

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Monday, May 14, 2012

Skripsi Tesis Pendidikan Matematika : Penerapan Problem-Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengajukan dan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Bandung.


ABSTRAK
Wati Susilawati.
Penerapan Problem-Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengajukan dan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Bandung.
            Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa SLTP dalam mengajukan dan memecahkan masalah matematika melalui pendekatan problem-based learning. Mengarah kepada tujuan tersebut penelitian ini menelaah (a) kemampuan siswa dalam mengajukan masalah matematika sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem-based learning, (b) kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang menggunakan pendekatan problem-based learning, (c) sikap siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan problem-based learning dalam kaitannya dengan pengajuan dan pemecahan masalah matematika.
            Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test posttest control group design. Subjek populasi adalah seluruh siswa kelas dua dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksprimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling dari sembilan kelas paralel yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua macam instrumen yaitu tes dan non tes. Tes meliputi tes problem posing, tes problem solving, sedangkan non tes yaitu angket dengan model skala sikap siswa dan wawancara terhadap guru bidang studi matematika kelas II.

            Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa dalam mengajukan dan memecahkan masalah matematika antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Dari data dan hasil uji statistik kemudian dianalisis secara inferensial untuk menginterpretasikan kemampuan siswa mengajukan dan memecahkan masalah matematika serta sikap siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan problem-based learning dalam kaitan pengajuan dan pemecahan masalah matematika. Dari penelitian ini ditemukan bahwa; Kemampuan siswa mengajukan dan memecahkan masalah matematika sebelum pembelajaran dengan pendekatan problem-based learning, telah ada namun masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari kecilnya persentase pengajuan dan pemecahan masalah matematika terselsaikan mengandung informasi baru. Melalui penerapan pembelajaran problembased learning kemampuan siswa mengajukan dan memecahkan masalah matematika mencapai kriteria hasil belajar yang baik, secara kualitas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan problem-based learning dan yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan biasa. Hal ini nampak dari besarnya jumlah respon siswa mengajukan dan memecahkan masalah matematika yang berkualifikasi tinggi. Secara umum siswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan problem-based learning, demikian pula sikap terhadap pengajuan dan pemecahan masalah matematika menunjukkan sikap positif. Sikap positif ini menjadi faktor pendukung siswa dalam upaya meningkatkan proses dan keberhasilan dalam belajar matematika.

Download




Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment