Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Friday, May 11, 2012

Teknik dan Strategi Pembelajaran Membaca


Untuk meningkatkan pemahaman terhadap keseluruhan teks, biasanya guru menerapkan kegiatan prabaca, kegiatan inti membaca, dan kegiatan pascabaca dalam pembelajaran membaca.
a)      Kegiatan prabaca
Kegiatan prabaca dimaksudkan untuk menggugah perilaku siswa dalam penyelesaian masalah dan motivasi penelaahan materi bacaan.
1.      Gambaran awal
Gambaran awal cerita, yang berisi informasi yang berkaitan dengan isi cerita, dapat meningkatkan pemahaman. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan memberikan gambaran awal cerita kepada siswa yang dirancang sebagian untuk membangun latar belakang pengetahuan tentang cerita tersebut dapat membantu siswa menyimpulkan isi bacaan. Gambaran awal membantu siswa menggugah skematanya untuk memusatkan perhatian mereka sebelum membaca.
2.      Petunjuk untuk melakukan antisipasi
Petunjuk antisipasi merupakan sarana kegiatan awal membaca yang bermanfaat. Petunjuk semacam ini dirancang untuk menstimulasi pikiran, berisi petanyaan - pertanyaan deklaratif, yang sebagian mungkin ada yang tidak benar, yang berkaitan dengan materi yang akan dibaca. Sebelum membaca, siswa dapat diminta untuk memberikan respons terhadap pernyataan itu, sesuai dengan pengalaman yang mereka miliki dan mendiskusikannya. Petunjuk antisipasi dapat dilanjutkan pada kegiatan akhir membaca dengan cara mengulang proses tersebut tampak pada gabungan petunjuk antisipasi dan reaksi.


3.      Pemetaan semantik
Pemetaan semantik ini merupakan strategi prabaca yang baik, sebab kegiatannya memperkenalkan kosakata yang akan ditemukan dalam bacaan dan dapat menggugah skemata yang berkaitan dengan topik bacaan. Hal ini memungkinkan siswa dapat menghubungkan informasi yang baru dalam bacaan dengan pengetahuan awal siswa yang dapat dimanfaatkan untuk memahami bacaan, berarti pula siswa dapat memasuki pengetahuan barunya dengan mudah. Prosedur ini dapat memotivasi siswa membaca materi bacaan.
4. Menulis sebelum membaca
Menyuruh siswa menulis pengalaman pribadi yang relevan, sebelum mereka membaca materi, bermanfaat pada kegiatan mengerjakan tugas, respon yang lebih rumit terhadap karakter, dan reaksi yang lebih positif. Hal ini membantu siswa lebih terlibat dalam kegiatan membacanya.
5. Drama / simulasi (creative drama)
Drama / simulasi dapat digunakan sebelum cerita dibaca untuk meningkatkan pemahaman. Guru dapat menggambarkan situasi yang berkembang dalam cerita dan dapat membiarkan siswa menyelesaikan masalah yang ada dalam cerita. Dan dapat membiarkan siswa menyelesaikan masalah yang ada dalam cerita sesuai dengan kemampuan mereka masing - masing. Sesudah itu, guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca cerita yang sebenarnya. Guru dapat memerankan beberapa karakter untuk membantu melanjutkan drama itu dan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan latar, watak, emosi, dan kritik.
b) Kegiatan inti membaca
Beberapa strategi dan kegiatan dalam membaca dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Strategi yang dimaksud adalah strategi metakognitif, cloze procedure, dan pertanyaan pemandu.
1.      Strategi metakognitif
Akhir - akhir ini banyak perhatian diberikan kepada penggunaan strategi metakognitif oleh siswa selama membaca. Sebenarnya, penggunaan strategi ini secara efektif memberikan efek positif kepada pemahaman seseorang sebab dapat meningkatkan keterampilan belajar. Metakognitif berkaitan dengan pengetahuan seseorang atas penggunaan intelektual otaknya dan usaha sadarnya dalam memonitor atau mengontrol penggunaan kemampuan intelektual tersebut. Metakognitif ini meliputi cara terjadinya berpikir. Dalam kegiatan membaca, orang yang menerapkan metakognitif akan memilih keterampilan dan teknik membaca yang sesuai dengan tugas membacanya. Bagian proses metakognitif menentukan tugas apa yang diperlukan untuk memperoleh pemahaman. Pembaca perlu bertanya: 1) Apakah jawaban yang perlu saya ungkapkan secara langsung? (Jika ya, si pembaca mencari kata - kata si penulis secara tepat sebagai jawaban).  


Download Isi Lengkap  dari Makalah Ini :  
 


Artikel Terkait: