Referensi Skripsi Terbaru | Download Skripsi Gratis

Mega Paket CD Interaktif

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Saturday, May 12, 2012

Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Implementasi Perencanaan Strategis Terhadap Mutu Hasil Belajar


Download Skripsi Tesis Administrasi Pendidikan

ABSTRAK
KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IMPLEMENTASI PERENCANAAN STRATEGIS TERHADAP MUTU HASIL BELAJAR
Studi Deskriftif pada SMP di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir

            Mutu sumber daya manusia merupakan suatu hal yang teramat penting dalam rangka mengisi pembangunan di negara kita. Hal ini berkaitan erat dengan usaha dalam bidang pendidikan. Pada saat ini masalah mutu pendidikan masih merupakan isu strategis di negara kita.
            Berbicara masalah mutu pendidikan atau mutu sekolah gambarannya adalah mutu atau kualitas lulusan (mutu hasil belajar) yakni penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap seseorang setelah ia mengikuti pendidikan. Sekolah yang dapat melahirkan lulusan dengan kualitas hasil belajar yang bermutu, akan selalu disebabkan oleh adanya proses yang bermutu. Proses pembelajaran yang bermutu selalu didukung oleh faktor-faktor penunjang proses pendidikan (pembelajaran) yang bermutu. Faktor penunjang tersebut di antaranya adalah “Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Perencanaan Strategis yang dikembangkan oleh Sekolah”.
            Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menganalisa tentang konribusi kepemimpinan kepala sekolah dan implementasi perencanaan strategis terhadap mutu hasil belajar di SMP Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.

            Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 98 orang guru, untuk mengetahui persepsi mereka tentang variabel yang akan diukur tersebut. Berdasarkan hasil analisis data dan proses pengujian hepotesis dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan mutu hasil belajar sebesar 0,41; dan kontribusinya sebesar 16,5% terhadap mutu hasil belajar. Perubahan mutu hasil belajar atas kepeimpinan kepala sekolah y = 67,915 + 0,383X1 (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara implementasi perencanaan startegis dengan mutu hasil belajar sebesar 0,58; Kontribusinya terhadap mutu hasil belajar sebesar 34%. Perubahan mutu hasil belajar atas implementasi perencanaan strategis adalah y = 51,183 + 0,552 X2. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpian kepala sekolah dengan implimentasi perencanaan strategis 0,33, kontribusinya sebesar 10,9%; dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan implementasi perencanaan strategis secara bersama-sama dengan mutu hasil belajar sebesar 0,63. Kontribusi kedua variabel tersebut terhadap mutu hasil belajar sebesar 39%, Perubahan mutu hasil belajar atas kepemimpinan kepala sekolah dan implementasi perencanaan strategis adalah y = 37,89 + 0,226X1+ 0,477 X2. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa yang meliputi penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap atau nilainilai sebagaimana harapan berbagi pihak, perlu adanya kepemimpinan yang efektif untuk menggerakan dan mengarahkan segala sumber daya yang ada agar dapat berfungsi secara optimal dalam rangka mencapai tujuan termasuk di antaranya bagaimana upaya yang dilakukan agar perencanaan strategis sekolah yang dituangkan dalam visi dan misi dapat diimplementasikan sesuai dengan harapan semua pihak dan bukan hanya sebagai slogan belaka.

DOWNLOAD



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment