Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Tuesday, May 8, 2012

Hubungan Morfologi dengan Sintaksis


            Sintaksis merupakan penguasaan atas suatu bahasa yang mencakup kemampuan untuk  membangun frase atau kalimat yang berasal dari kata. Sintaksis bersama-sama dengan morfologi  merupakan bagian dari subsistem tata bahasa atau gramatika.  Morfologi menyelidiki struktur intern kata. Satuan yang paling kecil yang diselidiki oleh  morfologi adalah morfem, sedangkan yang paling besar berupa kata.
            Sementara sintaksis  menyelidiki struktur satuan bahasa yang lebih besar dari kata, mulai dari frase hingga kalimat.  Dengan kata lain, sintaksis merupakan studi gramatikal struktur antarkata, atau tegasnya  menyelidiki seluk-beluk frase, klausa, kalimat, dan wacana. Jadi, kata dalam morfologi  merupakan satuan yang paling besar sedangkan dalam sintaksis merupakan satuan yang paling  kecil.  

Perhatikan kalimat di bawah ini!
Gadis itu memamerkan baju baru.
Struktur intern setiap kata pada kalimat di atas dibicarakan dalam morfologi, misalnya:
kata gadis terdiri dari satu morfem,
kata itu terdiri dari satu morfem,
kata memamerkan terdiri dari tiga morfem, yaitu:

meN-, pamer, dan –kan,
kata baju terdiri dari satu morfem, dan
kata baru terdiri dari satu morfem.
Struktur antarkata dalam kalimat di atas dibicarakan dalam bidang sintaksis, misalnya:
frase gadis itu sebagai subjek,
kata memamerkan sebagai predikat, dan
frase baju baru sebagai subjek.

Begitu juga pembicaraan tentang hubungan antara kata gadis dengan kata itu dalam frase  gadis itu, dan hubungan antara kata baju dengan kata baru dalam frase baju baru termasuk  dalam bidang sintaksis. 
Jika diurutkan dari atas ke bawah satuan gramatik itu adalah:
wacana
kalimat
klausa
frase
kata
morfem

Satuan wacana, kalimat, klausa, dan frase, dibicarakan dalam sintaksis atau termasuk bidang  sintaksis sedangkan satuan kata dan morfem dibicarakan dalam morfologi atau termasuk bidang  morfologi:
Sintaksis :
wacana
kalimat
sintaksis
klausa
frase  
morfologi:
kata
morfem
            Setelah Anda mempelajari uraian di atas, tentu Anda melihat seolah-olah adanya batas yang  tegas antara sintaksis dengan morfologi, yaitu morfologi merupakan lanjutan dari sintaksis.  Apakah benar hal itu? Marilah kita perhatikan kata-kata di bawah ini: 
1. tidak jujur
2. tidak mampu
3. tidak indah
4. tidak beres
5. tidak sesuai
            Apakah dari nomor satu sampai dengan nomor lima di atas itu kata atau frase, dan termasuk  bidang morfologi atau bidang sintaksis? … Ya, benar pendapat Anda itu, bahwa kata-kata di atas  itu adalah frase karena kata-kata itu berupa kumpulan kata, dan termasuk bidang sintaksis. Bila  kata-kata di atas Anda lekatkan afiks ke-an yang berupa simulfiks maka akan terjadi seperti di  bawah ini:  
1. ketidakjujuran
2. ketidakmampuan
3. ketidakindahan
4. ketidakberesan
5. ketidaksesuaian
Kata-kata di atas itu termasuk bidang morfologi karena kata-kata tersebut sebagai satuan yang terbentuk dari 13nsure-unsur:
1. ke-an dan tidak jujur
2. ke-an dan tidak mampu
3. ke-an dan tidak indah
4. ke-an dan tidak beres
5. ke-an dan tidak sesuai
            Pembicaraan tentang satuan gramatik yang salah satu dari unsurnya berupa afiks, termasuk  dalam bidang morfologi, sedangkan pembicaraan tentang satuan gramatik yang semua unsurnya  berupa kata, atau frase, atau klausa, atau kalimat termasuk bidang sintaksis. 
            Dari uraian di atas dapat dijelaskan bahwa morfologi tidak selalu merupakan lanjutan dari  sintaksis, tidak selalu terletak di bawah sintaksis.  Bagaimana dengan kata majemuk seperti contoh di bawah ini: 
mata kaki,
daya juang,
rumah sakit,
jalan raya?
              Jika dilihat dari 13nsure-unsurnya yang berupa kata atau pokok kata , tentu saja kata  majemuk seperti di atas itu termasuk bidang sintaksis, tetapi jika dilihat bahwa satuan-satuan itu  mempunyai sifat sebagai kata maka tentu saja pembicaraannya termasuk morfologi. Hal ini akan  dibicarakan nanti pada Bahan Belajar Mandiri tentang Prose Morfologik.  









Artikel Terkait: